Wednesday, October 29, 2008

Seiring dengan perkembangan berjalanya waktu, kebanyakan blogger yang sudah malang melintang di dunia blogshere akan mulai memepertimbangkan untuk memiliki domain dan web hosting sendiri tidak lagi tergantung dengan layanan gratisan. Ketentuan dari tiap-tiap layanan berbeda-beda, lho. Blogger misalnya, memungkinkan Anda menggunakan nama domain sendiri namun hostingnya tidak bisa di ganti. Sedangkan pengguna wordpress di bolehkan memilih nama domain dan hosting mereka sendiri.

Dengan memiliki hosting berbayar sendiri, pengguna wordpress tentunya bisa lebih banyak berkreasi ketika memodifikasi them serta menggunakan berbagai plug-in untuk memaksimalkan fitur dan kemampuan blog engine wordpress. Nah, jika Anda kebetulan memanfaatkan layanan wordpress, tahukan Anda ada hal apa saja yang perlu di pertimbangkan ketika memilih hosting berbayar untuk blog? Berikut beberapa faktor yang patut jadi bahan pertimbangan.

  • Sistem Operasi
    Secara umum, ada dua sistem operasi yang lazim di tawarkan yakni linux/unix dan windows. Baiknya pilih saja server Linux karena harganya akan lebih murah. Linux juga di kenal tangguh dan stabil dalam menangani server. Selain itu, ia mendukung pula modul PHP dan MySQL yang di butuhkan oleh wordpress secara penuh.
  • Kapasitas
    Sebagai langkah awal, minimal pilihlah kapasitas lebih dari 10MB. Jangan kurang dari itu. Kapasitas ini bisa Anda tambah di kemudian hari jika memang di butuhkan
  • Bandwidth
    Wordpress merupakan CMS blog yang cukup banyak memakan bandwidth. Sebagai pemula, pilihlah bandwidth minimal 1GB. Untuk pengujung antara 400-500/hari, gunakan minimal %GB. Intinya, sesuaikan saja kapasistas dengan jumlah pengujung blog Anda.
  • Harga
    Pilihlah paket hosting dengan harga yang masuk akal. Mulailah dengan melihat spesifikasi fitur dari daftar harga yang paling murah. Jangan mudah tergiur dari berbagai fitur dengan kapasitas tinggi namun tidak akan Anda pakai secara maksimal karena pengunjung blog masih sedikit.
  • Lokasi Server
    Jika blog Anda berbahasa Indonesia dan mengharapkan pengujung dari Indonesia, maka sewalah hosting di server Indonesia. IDWebhost dan Master Web Network adalah pilihan yang pantas di jajal. Dengan menggunakan server dalam negeri, blog Anda bisa lebih cepat di akses dan peringkatnya di mesin pencari juga dapat lebih baik
  • Fitur Penting lainya
    Hosting yang menggunakan Cpanel biasanya memiliki fasilitas Fantastico yang dapat memudahkan penggunanya mengupgrade CMS Wordpress ke versi terbaru. Fitur ini akan sangat bermanfaat bagi para pemula yang tidak ingin repot.
  • Kredibilitas Perusahaan
    Jangan mudah tergiur oleh harga murah, fitur canggih, diskon, dan berbagai tawaran menarik lainya. mintalah saran dan pendapat dari sesama blogger tentang web hostingnya yang ingin Anda sewa. Cara paling mudah adalah dengan mengumpulkan informasi melalui fourm online di internet. Siapa tahu hosting yang dulunya bagus, kini peformanya menjadi kurang memuaskan setelah sekian lama.

8 comments:

Anonymous said...

Pertamax juga akhirnya :D

yoi pilih perusahaan hosting emang kudu apik. apalagi kl blog di monetize trus drop wah bisa dimarahin banyak orang dan dolar gk jadi mengalir hehe. bener nih faktor2nya mantab bener, tengkiyu mas :)

Anonymous said...

Yo mesti modal dikit ndak papa kan, biar lebih kelihatan profesional, ndak cuma mau yang gratisan saja LOL :P

Anang said...

masih setia dengan gratisan

Anonymous said...

tips yang bagus, sebenernya ada keinginan juga beli domain dan hosting yang berbayar, tapi...

Anonymous said...

@Anang : Ya memang betul sih kalau ada yang gratis ngapain harus bayar!!! tapi kalau bayar dikit kan jadi tambah mak yos LOL he.he..

@masisman : tapi masih suka dengan yang gratis ya mas...he..he..

Keris said...

kalo saya beli yang kapasitas 50 MB & bandwith 1 GB sudah bagus belum mas? soalnya kuatnya baru segitu

dukonbesar said...

hayah ... mas eko ternyata nyimpen nih tipsnya. wew, tk simpan dulu yah. btw, ntar kpn2 kita OL barengan deh WRCRAFT nya .... :D

IDwebhost said...

Saya Nugroho dari IDwebhost.

Barusan browsing, baca artikel ini.

Kami ingin sharing saja, dalam memilih hosting yang bagus ada beberapa tips:

1. Pelayanan
Pelayanan adalah hal yang utama dari layanan webhosting. Karena hal ini sangat berhubungan dengan kenyamanan kita dalam memanage account hosting kita nantinya.

2. Harga
Tidak dapat dipungkiri, untuk masalah harga, juga sangat menentukan. Tidak hanya murah saja, namun juga tetap menjaga kualitas dengan harga tetap MURAH dan bersaing.

3. Server
Server adalah hal teknis paling utama dalam dunia Hosting. Terutama adalah masalah kestabilan dan kecepatan akses account hosting kita.

4. Sistem aktivasi yang realtime
Proses aktivasi yang cepat, sangat diperlukan bagi kita semua. Terutama bagi yang membutuhkan domain ataupun website harus online saat itu juga.

5. Perusahaan yang profesional
Untuk menangani masalah hosting, sangat dibutuhkan perusahaan yang profesional, terpercaya dan berpengalaman.

Dari referensi diatas, teman-teman semua bisa bekerja sama dengan IDwebhost untuk layanan hosting yang dibutuhkan. Untuk paket hosting, silahkan bisa dilihat di http://idwebhost.com/paket/

Mengenai paket VPS, IDwebhost saat ini juga menyediakan layanan itu, dengan informasi detail bisa dilihat di http://vps.co.id.

Semoga bisa membantu informasi ini. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penyampaian kami.

Regards,

Nugroho
IDwebhost.com

Post a Comment

Please left your comment below