Monday, June 9, 2008

Setelah Anda mencipatakan sebuah blog, dan memilih-milih design template yang search engine friendly tentunya. Langkah selanjutnya yang seharusnya Anda lakukan adalah mempromosikannya bukan?.

Search engine friendly adalah suatu website yang mempunyai system / layout yang dapat mempermudah proses crawling serach engine bot, jika Anda pernah membaca study kasus pisang goreng anget yang pernah dutulis oleh Mas Cosaaranda paling tidak Anda tahu bagaimana cara mempraktekan halaman webiste yang search engine friendly.
"oh iya, ngomong-ngomong soal study kasus pisang goreng anget yang di tulis oleh Mas Cosa sampai sekarang masih nangkring di posisi index lho di google.co.id dengan keyword pisang gorang anget, dan menyusul di posisi berikutnya keyword pisang gorang anget lainya. Hayoo saiapa lagi yang mau uji coba kemampuan SEO dengan keyword Pisang Goreng Anget?"
Sudah paham dengan search engine friendly? kembali ke topik awal yaitu promosi terbaik memberikan komentar. Dalam E-book gratis karya Agus Ramadhani salah satu promosi terbaik adalah memberikan komenter. Ternyata setelah saya praktekan hasilnya tidak mengecewakan, sampai saat ini terbukti blog info-baru.com ini telah meliki pengujung setia yang sering memberikan komentar. Antara lain :

  1. Agus Ramadhani (o-om), Guru Blogger hack yang satu ini, satu-satunya orang yang paling rajin berkomentar di blog saya. Walaupun konten yang saya tulis tidak berkwalitas.
  2. Kang Rohman (Amen), Nah kalau guru dunia maya pengoleksi kolom-tutorial blogspot ini, tergantung mod dan topiknya. Kalau menurutnya topiknya kurang enak di baca kang rohman ini malas memberikan kometnar, tapi tetep celingak-celinguk di info-baru.com.
  3. Sandy (tipis), Belum lama juga saya kenal dengan Mas Sandy, kurang lebih dua bulan. sejak saya sering berkomentar di blog beliau (tipis.web.id) Mas sandy juga rajin juga berkomentar di blog ini.
  4. Putra Eka, Blogger muda yang sedang mencari jati diri ini, kalau saya lihat orang yang sering berselancar kemana-mana tentunya di dunia maya ini. Tidak hanya di blog populer saja putra eka memberikan komentarnya, blog info-baru ini pun tak luput dari incaranya. (Makasih juga bro dah sering mereview postingan saya).
  5. Abibakar (Mas Abi), Jujur saya akui bahwa saya belum kenal betul sosok seoarang Abibakar, tulisan-tulisan blognya pun jauh lebih menarik di bandingkan dengan blog info-baru ini. Namun beliau juga sering berkunjung dan memberikan komentar pada blog ini.
  6. The Fachia (Fariez), Anak muda yang masih kuliah di jogja ini, boleh saya bilang blogger muda yang telah banyak mengoleksi nama domain, mulai dari www.thefachia.com sampa ke urlcantik (yang lainya lupa he..he..), disamping sibuk mengurus domain-domain tersebut dan skripsi yang tak kunjung selesai. Fariez ini masih sempet rajin memberikan komentar di blog ini. (walaupun komentarnya asal nyeplos he..he..)
  7. Syahuri, Blogger dari aceh yang baru-baru ini sibuk mengailihkan blogspotnya ke domain co.cc ini. Masih rajin memberikan komentar di blog info-baru ini, walaupun beberapa pertanyaanya kadang membingungkan.
  8. Ndop (ndop.co.cc), Blogger yang masih bingung untuk memasang iklan banner di blog barunya ndp.co.cc masih sering muter-muter di sekitar info-baru, memberikan komentar dan icip-icip sajian info-baru.com (emang info-baru.com menyajikan menu makanan apa sih?...he.he..)
  9. Persikers (herry), kalau persikers ini saya ga tahu pasti asal-usulnya dari mana, yang jelas mas herry ini salah satu orang yang rajin berkomentar juga. Dan kayaknya sekarang lagi gencar-gencarnya posting EURO2008.
  10. Dee (dyah), Blogger cewek yang katanya di kantornya sering ada hantu gentayangan, tapi dia sendiri belum pernah melihatnya, mulai memberikan komentar di blog ini.
Sebetulnya masih banyak lagi rekan-rekan blogger yang pernah memberikan komentarnya di blog info-baru yang belum saya sebutkan satu persatu dan mohon maaf sebelumnya.

Datangnya komentar dari rekan-rekan blogger sebetulnya bukan tujuan utama untuk membuat blog, melainkan dengan komentar tersebut Anda dapat menilai sejauh mana konten yang Anda tulis, apakah dapat di cerna penyampaianya dengan mudah oleh pembaca blog Anda atau tidak!. Yang saya tak habis pikir banyak rekan-rekan blogger yang egonya masih tinggi, sering saya jumpai dan berkomentar sama-sama di blog yang sama pula, tapi orang tersebut tidak mau saling berkomentar satu sama lain.

Dengan kata lain jika si A belum pernah berkomentar di blog si B maka si B juga tidak pernah akan mau berkomentar di blog si A dan sebaliknya. Jika benar Anda beranggapan memberikan komentar adalah promosi yang terbaik, maka hal-hal yang seperti itulah yang seharunya kita hindari. Ingat..!! tanpa di dasari niat yang tulus untuk memberkan sebuah komentar sebagus apapun content yang Anda tulis dan se-user friendly mungkin form komentar yang Anda buat tidak akan merubah keputusan Anda untuk tidak memberikan sebuah komentar.

Jadi kalau menurut saya betul Mas Agus Ramadhani bilang permasalahan bukan ada di plaform yang Anda gunakan melaikan kesadaran pada diri Anda masing-masing untuk membeikan komentar, niat dulu untuk memberikan komentar, baru tanpa kita sadari dengan memberikan komentar berarti Anda telah mempromosikan weblog Anda. Jika blog-blog populer jarang memberikan komentarnya pada rekan-rekan blogger yang lain ya di maklumin aja, kan blognya sudah kebajiran komentar capek dong kalau harus satu-persatu berkunjung dan memberikan komentar.

Saran saya tetap berikan komentar pada blog-blog populer sebagai tujuan mempromosikan blog Anda, namun jangan pernah Anda berharap untuk di berikan komentar oleh blog populer tersebut. Ok lah ga sadar udah segitu banyak tulisan yang saya berikan untuk Anda sampai ngalor ngudul ga jelas ya? Jadi intinya saya sependapat dengan mas Agus Ramadhani komentar adalah promosi terbaik..! tetep semangat ngeblognya dan happy blogging..!

30 comments:

Rohman said...

yah aku ga masuk ya ko? jarang komentar sich. cucian dech gue :)

Anonymous said...

@Rohman : wah kayak gini nih yang kacau, belum baca dah komentar duluan , atau malah bisa jadi tulisan saya i ni susah untuk dipahami?

Berarti mesti ada yang di koreksi dong, apa yang salah di dalam tulisan saya ini?

Ini adalah contoh peran penting dalam sebuah komentar...!

Anonymous said...

ya benar sekali ko bagus gak bagus tulisan orang tentu harus dihargai..begitu juga om sadar tulisan om juga gak bagus2 amat...yang penting harus ada relationship itu yang utama :)

Anonymous said...

[quote]disamping sibuk mengurus domain-domain tersebut dan skripsi yang tak kunjung selesai.[/quote]

koq yang ituh ikut disebutin sih..kan malu diriku ini.

[quote]walaupun komentarnya asal nyeplos he..he..[/quote]

Nyeplos cabe kang..?
kabuur..

Anonymous said...

tul banget mas, disamping target pengunjung dadakan via SE lewat cara tembak menembak kiword, pengunjung setia saya rasa lebih penting. ya semacam komunitas gitu, posting gak posting bakal dikunjungi, asik kan :D

seperti saya, setiap ada blogger baru yg komentar di blog saya, langsung saya bookmark blognya, dan berusaha mengunjunginya tiap hari gak peduli blognya ada postingan baru atau nangkring di peringkat brapa :D

Anonymous said...

selagi belon ngetop rajin komentar, ntar kalo dah ngetop lain cerita...wakakakak

.: AngeL :. said...

cara bagus jg naikin traffic ya berkomentar sesering mungkin di blog2 org lain asal ga nyepam lho ya

Anonymous said...

yupss... trik ampuh buat para newbie

Anonymous said...

saya baru memulainya. tips yg jitu.

Anonymous said...

weh ada nama saya! jadi malu neh, padahal masih nubie banget dibandingkan mas Eko...

dinire said...

jadi intinya... comment terus aja

Anonymous said...

saya hadir pak... walah.. saya disebut! terimakasih berat..

dan FYI. saya sekarang bingungnya lain, yaitu bingung masang iklan google ads selain search engine. yang iklan-iklan tulisan begitu lo bos.

yang bisananya tulisannya biru-biru begitu lo bos.. paham khan maksud saya..

soalnya lagi butuh DUIT!!! buat beli hape, biar nggak blogging ke warnet lagi. hehehe...

*pemborosan MODE ON*

nindya said...

Harusnya yang paling sedikit juga masuk daftar donk,,, :)

Anonymous said...

@oom : Bener sekali om mungkin dengan adanya saling meberikan komentar akan terbentuk relationship sesama blogger :)

@Fachia : Bro kapan skripsi kelar nih? kayaknya makin maju bisnis onlinenya ya sekarang?

@Tipis : Ya, memang kalau saya dan mas sandi dah merupakan pengujung setia dan wajib he..he..

@Ernita : Pokoknya harus di maklumin lah, kalau blog yang sudah ngetop susah mengujungin satu persatu, rekan2 blogger yang telah berkunjung

@Agel : kalau ga salah etika berkomentar yang baik Om pernah tulis tuh :)

@herry : yups, sesama newbi mesti rajin berkomentar :)

@Chodirin : Wah kalau blognya mas chodirin keren bgt lah, contenya jua menarik

@Putraeka : Santai aja bro, dan tetep semangat ngeblognya

@dinire : yups betul sekali, selagi masih bisa memberikan komentar, berkomentarlah..!! Btw kok picnya keliatan belakangnya doank :)

@Ndop : tak daokan ndop biar cepet dapat hp barunya :)

@Nindya : Mestinya gitu mbak, tapi lumayan pegel juga nulisnya, mohon dimaklumin ya :D

Anonymous said...

saya stuju mas.. tapi kalo rel='nofollow' nggak bisa promo ke googlebot dong???

Anonymous said...

wah kayaknya harus rajin komentar disini nih biar ditampilin hehehe....

-Ajie-
www.kodokijo.net

Anonymous said...

aku komen karena suka isi postingannyanya, masalah dia komen balik berarti ya bonus hehe

Anonymous said...

** clinguk2 cek namaku disebut apa enggak **
*sadar kalo aku mmg jaraaaang buwangett mengunjungi blognya mas ini :) *
nice info mas,
aku lebih seneng mengistilahkan komentar dengan respons.
salam kenal mas Eko

Anonymous said...

*nyasar kesini, gara2 mampir di blognya om tipis hehehehehehe

wah lagi bahas "kekuatan komentar sbg ajang promosi blog" ya hehehe.

Oke-oke said...

pisang goreng anget ,hehe..keyword GOOGLE CAP DODOL aja, masih di pegang free-7...coba deh...hehehe

ada-ada aja guyon para pakar SEO itu

Gadis said...

harus sering mampir nich :D biar disebutin nama aq

Anonymous said...

wah, kalo ngeblognya di warnet kayak saya ya bisa jebol dompet saya.hehehe

Imnoval said...

wah kayaknya harus absen tiap hari nih sama mas eko biar saya juga masuk deh dan sekaligus serap nih artikel dan ilmunya siapa tahu saya ketularan mas eko :D

Anonymous said...

memang memberi komentar ke blog lain banyak gunanya. selain nambah popularitas blog kita, juga nambah teman alias kenalan. :)

Anonymous said...

mampir ke blogku donk mas

abdul rahman said...

mat malam mas numpang kenalan donk saya pendatang baru nich... :D

Anonymous said...

sippp banget mas tutorial nya, ntar saya coba dulu ... website yang baru putri buat di http://www.putriwijaya.com

Anonymous said...

ikutan promosi ah he he
top markotop mas tips nya

Anonymous said...

mas numpang kenalan saya pendatang baru neh... oya bagi anda yang suka dengan cerita lucu silangkan kunjungi saya kumpulan cerita lucu di http://www.lungcancer45.blogspot.com/

dijamin ngakak deh

cobeksky said...

;))
0oh gitu yah tipsnya..aku baru tau loh...siip siiip makasih infonya mas...
oke deh aku juga mau nimbrung nih ah promosi blog saya...
browse yah ke blog saya

www.cobeesoft.blogspot.com

Post a Comment

Please left your comment below