Sunday, May 4, 2008

Ternyata untuk membuat blog kita tampil sempurna disemua browser itu tidak mudah, setelah beberapa kali ganti2 template blogger layout yang saya pilih tidak dapat tampil sempurna disemua browser. Cocok di browser Firefox tapi belum tentu cocok di browser IE atau malah sebaliknya, setelah coba cari2 lagi template yang cocok untuk bisa tampil disemua browser saya dapatkan template tersebut di Jack Book, template ini diberi nama Fresh Blogger Template. Walaupun tak sebagus template yang di gunakan o-om yang telah teruji tampil sempurna disemua browser, template ini cocok untuk Anda yang tidak ingin repot2 untuk meng-edit CSS seperti saya.

Selain template yang bisa tampil sempurna disemua browser, tentunya anda juga inginkan kecepatan website Anda di akses dalam hitungan detik. Mendapatkan perhatian dari search engine ternyata tidak perlu menciptakan animasi wah dan gambar cantik. Search engine menilai situs, semakin simpel semakin baik. Lazimnya, content/isi halaman lebih banyak dibandingkan tag HTML. Halaman yang ditampilkan mestinya mempunyai kompatibilitas mulai browser Lynx (text base) sampai browser masa kini. Dengan kata lain, gunakan aturan HTML 3.2 sebagai dasar sepanjang Anda mampu. Saat ini spyder hanya mampu ‘mencerna’ sebagian dari aturan rumit HTML 4.0. Saran selanjutnya adalah menghindari Flash, Java atau JavaScript.

Kecepatan halaman site Anda tampil bukan segalanya. Itu hanya salah satu faktor. Namun demikian, hendaknya halaman site Anda harus dapat tampil di browser dalam hitungan 3 atau 4 detik. Jika site Anda diakses dari dalam lokasi negara asal, mestinya lebih cepat. Hitungan 3 atau 4 detik tersebut, jika site diakses diluar lokasi negara asal. Lebih lama dari empat detik, Anda akan kehilangan 10 % calon pengunjung. Sepuluh persen ini yang akan membedakan antara sukses dan gagal

Mengingat penilaian 3 atau 4 detik halaman site harus sudah dapat tampil di browser, besar ukuran halaman menjadi satu permasalahan. Semakin kecil, semakin baik. Jika memungkinkan usahakan ukuran halaman site selalu dibawah 15 KB, termasuk images. Semakin kecil, semakin baik. Jika memungkinkan usahakan ukuran halaman site selalu dibawah 12 KB. Semakin kecil, semakin baik. Jika memungkinkan usahakan ukuran halaman site selalu dibawah 10 KB. Pasti Anda telah mendapatkan idenya sekarang, besar ukuran halaman yaitu, diatas 5 KB dan dibawah 10 KB. Cukup susah untuk melakukannya, namun melihat hasil yang dicapai, setimpalah apa yang telah Anda usahakan. Ingat 80 % visitor hanya menggunakan kecepatan 56 KB atau kurang untuk mengakses Internet

Disisi lain kendala seperti di sebutkan di atas, sebuah website akan terlihat elegan apabila halaman website tidak terdapat space yang kosong, tak sedikit juga para blogger menyisipkan halaman weblogsnya untuk asesori dan iklan bannernya. Jadi semuanya tetap tergantung kepada Anda sebagai pemilik website, dan yang jelas kita harus tetap perhatikan pengujung.

Artikel ini bermanfaat untuk Anda? Klik disini untuk berlangganan www.info-baru.com

15 comments:

Rohman said...

sip..emang ringan banget nih template... :)

Anonymous said...

iya ko template ini lebih cepat dari yang kamu pake sebelumnya..tinggal maen warna aja...pasti lebih cantik :)

Eko Priyanto said...

@Rohman & Oom : Abis ngiri sih lihat template oom dan kang rohman, yang bisa tampil sempurna di semua browser sih..!! he..he..

Ndop said...

kalo saya ya ndak bisa sekecil itu.. soalnya header saja tigapuluh lebih.. hehe.. sing penting apik lan simpel..

Anonymous said...

ia benar juga ya, blognya jadi cepat.

Anonymous said...

tes... wakakkakakak......
temen gw yg atu ni pny blog jg..
wakakakakkaka......
congrat ya bro..
mg ilmu internetny makin OK aja..
kalo dah jago bagi2 ilmunya ma gw :P

Anonymous said...

iya 2 browser itu bikin gemes, apalagi yg suka coding kayak aku, selalu bikin 2 css. pasang script deteksi browser segala. eh btw bloggku di IE bagus gk ya??? (soalnya gk pernah pake IE, cuman sekali tok pakek IE, buat donlut firefox :D )

Anonymous said...

coba ah..makasih infonya.:)

Eko Priyanto said...

@Dzofar : Iya memang betul mas Dzofar memang susah bikin website dengan ikuran sekecil itu, Tapi jika memang bisa pasti hasilnya akan memuaskan pengujung..!! he..he..

@Feri : Mendingan lah mas feri dari pada sebelumnya :)

@Golek : Kapan mulain ngeblog bro..!! ga bosen apa main booter terus :)

@Tipis : Blog sampean ga berantakan mas di IE tapi cuku berat loadingnya.

@Mbahmul : Silahkan di coba mbah, biar sama nanti kita templatenya, kalau modifikasinya bisa, jadi jadi cantik nih template kata si om..!

Anonymous said...

eh tapi bisa gak kalo template yang tampil sempurna disemua resolusi layar misal 1024x768 dan 800x600 ada gak template yang kaya gitu...??? ato diotak-atik mungkin kode html-nya gimana yah....?????

Eko Priyanto said...

@Pascal : Kan template om sudah teruji tampil sempurna di semua browser pasti juga tampil di semua resolusi layar...!!

Anonymous said...

waduh makasih banget mas untung tadi saya ga cepat balik kalau gitu ga dapat templet yang jack itu memang blog anda sesuai dengan namanya apalagi tutorial ini sangat bermanfaat sekali... maklum mas saya seorang newbie baru ikut ngeblog

bamb said...

malem mas eko, makasih kemarin dah dikirim templatenya. Mo tanya, template lum bisa tampil sempurna di browser, solusinya gimn mas ?? Klo pake firefox, jd g karuan.. :-o

Anonymous said...

Thanks informasinya......
O iya tolong beri pendapat tentang Ini Masuk akal ga??

Unknown said...

iya jee, bener juga siih

Post a Comment

Please left your comment below