Friday, April 11, 2008

Info-baru tentang nasib YOUTUBE yang diblokir oleh Pemerintah RI, akhirnya Pemerintah RI membukanya kembali akses situs YOUTUBE di Indonesia. Hasil diskusi yang dilakukan APJII dan NAP Rabu sore lalu (9/4/2008), ada 8 URL dan 1 situs yang masih akan ditutup terkait kasus 'Fitna' agar terjadi keseragaman di semua NAP dalam memblokir konten. Secara teknis dan ekonomis, diakui baru sejumlah itulah situs dan URL yang sanggup diblokir oleh NAP karena pertimbangan perangkat dan menghindari adanya biaya investasi tambahan.

Menurut mereka, keputusan untuk menutup akses keberbagai situs diatas dinilai tidak efektif dan malah menuai banyak protes dari berbagai pihak, khususnya para pengguna internet. Malah menutup akses kesebuah situs malah membuat orang bertambah "kreatif" dengan mencari jalur lain agar situs tersebut diatas tetap bisa diakses sebagaimana mestinya. Namun kenyataanya ISP (Internet Service Provider) tidak kompak, alias Pemerintah kurang tegas memberikan keputusan yang mencla-mencle ga jelas.

Kebetulan saya menggunakan dua (2) ISP yaitu Speedy dengan Biznet, Situs YOUTUBE bisa di buka pakai Speedy tapi ga bisa di buka pakai Biznet. Malah Biznet tambah stress lagi, selain situs YOUTUBE yang ga bisa di buka, blog saya yang terkenal dengan Tutorial Access ikut-ikutan ga bisa di buka alias di blokir oleh ISP Biznet. Saya pikir cuma blog saya aja yang ga bisa di buka, saya coba buka blog-blog yang lain seperti domain kolom-tutorial.blogspot.com hasilnya sama aja ga bisa di buka. Dan anehnya lagi Blog Info-Baru.com dan O-om.com bisa di buka oleh Biznet yang notabene dua blog tersebut menggunakan Hosting Blogger.

Sebenernya siapa sih Dalang di balik semuanya ini..? Apakah ini adalah termasuk Roy Suryo Dalangnya, yang konon Roy Suryo di katakan sebagai dalang penyerangan SITUS Depkominfo dan GOLKAR!!, jika memang benar dia dalangnya Roy Suryo pantas di acungi jari tengah, yang mengaku dirinya sebagai ketua Departemen Kominfo DPP Partai Demokrat.

Berikut daftar URL dan situs yang masih akan diblokir, yang diperoleh detikINET dari APJII, Kamis (10/4/2008).
  • Situs yang diblokir :
www.fitnathemovie.com
  • URL yang diblokir :
http://www.youtube.com/watch?v=_LyeviTOh2w
  1. http://video.google.com/videoplay?docid=-294954647556 1 399959

  2. http://wikileaks.org/wikii Fitna_anti-islam_movie_by_ceert_Wilders

  3. http://video.aof .mm/videodetaillfitna-the-movie/16966'16402

  4. http://blogfi lmfi tna.blogspot.com

  5. http://f ile.sunshinepress.org :5444s/fitna-fl ash-video.zip

  6. http://wikileaks.org/lealdfltna-fl ash-video.zip

  7. http://thepiratebay.o tglto 4 1 027 38 lF itna_the_movie_-.English_-_AVl_and_FLV_format
Daftar URL dan situs tersebut dipilih berdasarkan kriteria hasil pencarian dari search engine yang tertinggi. Lebih lanjut disebutkan, Dirjen Postel dan Dirjen Aptel sepakat dengan pengubahan pola blocking yang sudah dilakukan oleh NAP dan ISP, menjadi blocking terhadap situs dan URL. Daftar situs dan URL tersebut selanjutnya akan dievaluasi dalam 7 hari ke depan.

3 comments:

OOM said...

Mungkin ada perbaikan dari server blogger atau jangan2 blogger juga kena block sama pemerintah..untuk custom domain seperti kita kayaknya sampai sekarang aman2 saya...semoga ya :)

Kristina DIAN Safitry said...

ngapain jug amesti di tutup/blokir ya? meski pertimbangan begitu. bete deh. ugh!

tipis said...

aku sih jarang bgt buka you tube, play video berat bgt gagal mulu. Semoga jgn pd diblok, terutama multiply nih blog pertamaku. Kl dikantor udah diblok (pake DNET), tapi kl pakek telkomnet instan masih bisa :D

Post a Comment

Please left your comment below