Sunday, December 2, 2007

Website dapat dibedakan menjadi dua yaitu Web Statis dan Web Dinamis. Web Statis adalah web yang berisi informasi-informasi yang bersifat statis (tetap), sedangkan Web Dinamis adalah web yang menampilkan informasi yang bersifat dinamis (berubah-ubah) dan dapat saling berinteraksi dengan user. Biasanya untuk web statis yang ditonjolkan adalah sisi tampilan yang banyak mengandung grafis sehingga untuk merancang web statis tidak diperlukan kemampuan pemrograman yang handal. Yang dibutuhkan hanya kemampuan design grafis/web dan cita rasa seni belaka. Sedangkan untuk web dinamis yang banyak ditonjolkan adalah pengolahan data sehingga dibutuhkan kemampuan dalam pemrograman web.



Ada dua jenis pemrograman web, yaitu Server Side Programming dan Client Side Programming. Pada Server Side Programming, semua sintaks dan perintah program yang diberikan akan dijalankan/diproses di Web Server, kemudian hasilnya dikirimkan ke browser pengguna dalam bentuk HTML biasa. Sehingga pengguna tidak dapat melihat kode asli yang ditulis dalam bentuk server side programming tersebut. Yang tergolong dalam server side programming seperti: CGI/Perl, Active Server Pages, Java Server Page, PHP, ColdFussion dan lain-lain.



Sebaliknya, pada "Client Side Programming" semua sintaks dan perintah program dijalankan di web browser, sehingga ketika client meminta dokumen yang mengandung script, script tersebut akan diambil dari web server kemudian dijalankan di web browser yang bersangkutan. Contoh dari client side programming seperti: JavaScript, VbScript, HTML.



Bila Anda hanya memilik disain web yang statis, jangan berharap banyak web Anda bisa berjualan. Meski masih banyak perancang web menawarkan jasa paket web statis, sebaiknya Anda jangan ambil paket tersebut karena itu akan membuat web Anda "hidup segan mati tak mau" dimata search engine besar seperti google dan yahoo. Jangan batasi halaman web dengan hanya memiliki web statis, pilihlah yang dinamis yang sudah pasti jumlah halaman tidak pernah dibatasi. Mengapa kita memerlukan jumlah halaman yang tidak dibatasi? Ya Karena Contents Web adalah raja. Semakin banyak isi dan informasi yang berguna akan semakin baik dalam proses perncarian di Search Engine.

7 comments:

yoga permana kusumah said...

pertamax lagi.......;))

Anonymous said...

hmmm... kalo bikin web secantik statis tapi isinya dinamis susah ga ya, soalnya yg statis berbasis dreamweaver enak uy ngotak-ngatik (segi desainnya) kyk bikin desain leaflet aja karena sudah WYSWYG...

Anonymous said...

lebihh lengkap dong'ssss
isinya,...

hua......ha....ha...

free templates said...

Makasih atas infonya ^^!

fyra'ztTt said...

;;) thankx......!!!!
krn adanya progra ini q jd ngerti.

Zulqa Mahendra said...

Gw juga lagi belajar website dinamis nih!!!! Mohon tipsnya ya!!!!

Anonymous said...

nice info..
keep posting !!!
recomemnded..

pelatihan java.cek aja , berguna bgt..
http://fit.uii.ac.id/berita-teknik-informatika/pelatihan-java-education-center-jse-jme-jee-teknik-informatika-uii-2010.html

Post a Comment

Please left your comment below