Thursday, December 13, 2007

Rasanya seneng banget kalau punya Hosting sendiri, apa lagi di berikan secara free alias gratis, pastinya anda yang suka dengan dunia internet ga akan menyia-nyiakan fasilitas free web hosting ini. Jika bosen dengan segala limitasi yang ada pada blog-blog gratisan (wordpress.com dan blogger.com), berikut 2 free web hosting yang bisa Anda gunakan untuk menginstalasikan berbagai CMS sesuai kebutuhanmu masing-masing, yaitu :

  1. ZeroHost (http://zerohost.uni.cc/)
  2. 3Host.Biz (http://www.3host.biz/)

ZeroHost

Memiliki kapasitas sebesar 250 MB, 6 Gigabytes Bandwidth, 3 mySWL database, 5 add-on domain, 5 sub domain, FTP, Webmail, POP, Automatic Installer (seperti Fantastico, didalamnya sudah termasuk Wordpress, Joomla, phpBB, dsb).

Kesan info-baru saat & setelah melakukan pendaftaran disana sebagai berikut:
  1. Proses pendaftaran (sign-up) cukup mudah. Instan. Selesai nulis form, cek email, login. Siap pakai.
  2. Adanya fasilitas automatic installer cukup menjadi pilihan menarik bagi rekan-rekan yang ingin belajar utak-atik di hosting sendiri, namun belum siap jika harus menggunakan jasa paid hosting. Hanya saja, automatic installer ini tidak sama dengan punya Fantastico, sebab anda masih harus membuat sendiri SQL Database, SQL username, renaming wp-config-sample.php menjadi wp-config.php + mengisinya dengan username SQL, password SQL dan host SQL.
  3. Tampilan control panel mudah dimengerti.

3Host.Biz

Free Web Hosting ini berkapasitas cukup besar, yaitu sebesar 5 Gigabytes dengan bandwidth bulanan sebesar 50 Gigabytes. Bagi anda yang selama ini menempati hosting berbayar dengan kapasitas kecil + bandwidth sa upil (baca: kecil), gada salahnya untuk pindah ke hosting gratisan ini.

Seperti halnya Zerohost, 3Host juga bebas iklan, jadi walaupun gratisan, tidak akan nampak. Menariknya, keduanya membolehkan user untuk memasang iklan sekalipun hosting di tempat gratisan.

Kesan info-baru setelah mendaftar & mencoba (sesaat) di 3Host:

  1. Kapasitas besar & bandwidth besar. Kecepatan akses pada waktu Ken Reidy coba sih tidak ada masalah, relatif sama dengan tempat lain. Ntah di kemudian hari.
  2. Support domain sendiri, sekalipun tidak disebutkan berapa jumlahnya.
  3. Jika anda bermaksud untuk menginstalasikan software sebangsa Wordpress, phpBB dan lainnya, pastikan anda sudah menghapus file index.html melalui file manager-nya, agar script yang sudah anda instalasikan dapat berjalan normal.
  4. Saya tidak tahu dengan software CMS lainnya, namun setelah saya coba menginstalasikan wordpress ke dalam 3Host account, Ken Reidy hanya mendapatkan Wordpress versi yang sudah terbelakang (versi 2.0.5). Sekalipun bukan masalah besar dan masih bisa upload installer sendiri, tidak semua orang mau melakukannya + tidak semua suka menggunakan barang lama (tua).

Manfaatkan sesuatu yang gratisan selagi ada, tetapi jangan terlalu berharap dengan sesuatu yang gratis, selamat mencoba semoga sukses..!

8 comments:

Anonymous said...

ada iklannya nggak ya :celingak celinguk:

Anonymous said...

Saya juga punya info baru nih, kali aja bermanfaat.

Ada direktori hosting gratisan yang ngasih info hosting gratisan.

Info lebih lanjut klik disini!

Anonymous said...

@Hostingan gratis : weks klik disininya linknya rusah tuh mas, kok ga bisa di buka ya :)

Anonymous said...

wah bisa belajar banyak nih....thank's bro

Anonymous said...

Saya pernh mencoba free domain di 000webhost, tapi kok setelah saya terapkan gak bisa kenapa ya. saya cek ftp eksternal "not connected" katanya. saran dong

Anonymous said...

Disini juga gratis bro >>
www.110mb.com
www.50webs.com

Anonymous said...

Wah..
Free lagi tuh..
tp x tau nak guna mcm ne..hehe

Aidos,
Kerja Sambilan

Unknown said...

Terimakasih banyak informasi dan fasilitas yang telah di berikan

Post a Comment

Please left your comment below