Sunday, March 16, 2008


Tahu kah Anda, bahwa di jaman teknologi yang serba cangginh seperti sekarang ini untuk mempunyai sebuah Website / Blog itu tidaklah sulit. Banyak cara-cara instant untuk memulai membuat suatu website / Blog, salah satunya Anda bisa gunakan software-software gratisan yang bisa Anda download melalui internet ini, seperti Blogger, Wordpress dan Joomla.



Bahkan untuk Anda yang ingin berbisnis E-Commerce atau membuka dagangan melalui World Wide Web sekalipun bisa Anda lakukan dengan mudah dan secara instant. Anda tidak perlu pusing-pusing untuk memikirakan bagaimana cara merancang database dan script pemogramannya. Software E-Commerce tersebut juga bisa Anda dapat kan melalui internet ini dengan gratis seperti software oCommerce dan CubeCart.



Dari beberapa software instant untuk membaut website / blog seperti di atas, tentunya ada kelebihan dan kekuranganya. Disini saya hanya ingin menjelaskan perbedaan antara Blogger dan Wordpress saja menurut versi saya, yang jelas dari kedua web service tersebut sama-sama gratis yang bisa Anda coba untuk memluai membuat sebuah website / Blog.



Berikut perbedaan antara Blogger dan Wordpress :


  1. Wordpress dapat mengiport postingan yang ada pada Blogger / Blogspot sebaliknya Blogger tidah bisa mengiport postingan yang ada pada Wordpress.



  2. Wordpress menyediakan form komentar yang user friendly sedangkan Blogger agak ribet untuk memberikan sebuah komentar, tapi jika Anda bisa mensettingnya tentu saja bisa user friendly



  3. Blogger menyediakan menu Drag Drop yang mudah untuk di gunakan, sedangkan Wordpress sulit Drag Drop edit element halaman.



  4. Blogger support Google Adsense yang mudah untuk kita gunakan pada Edit elemat halaman, sedangkan Wordpress tidak mensupport Google Andsense, meskipun banyak yang menyediakan plugin google Adnsense



  5. Wordpress lebih unggul dalam kasus menanggulangi spam karena telah di lengkapi dengan plugin anti spam, Sedangkan Blogger dapat di lakukan dengan moderation order dari commenting systemnya.



  6. Para pengguna Wordpress tergolong banyak yang sombong di bandingkan dengan Blogger meskipun hanya beberapa saja, kenapa demikian? Silahkan Anda buktikan sendiri minta link Exchange ke blog Bayumukti.com. Jika Anda bukan celebrity blog sampai nangis darah pun ga bakalan di link back. Sedangkan para pengguna Blogger senantiasa bertukeran link telah terbukti di kolom-tutorial.



  7. Apabila Anda telah mempunyai domain dan hosting sendiri software Wordpress telah tersedia dan siap di install di cpanel Anda. Sedangkan Blogger tidak tersedia disana. Tetapi Anda juga bisa menggunakan domain Anda dan hosting pada Blogger.




Mungkin masih banyak lagi kelebihan dan kekurangan Blogger dan Wordpress yang belum saya ketahui. Apabila Anda ingin menambahinya silahkan posting di komentar Anda..! Terima kasih dan apabila artikel ini bermanfaat untuk Anda? Jangan lupa Klik disini untuk berlangganan info-baru..



Tag : Tools Blogging, Web design, Link Exchange

44 comments:

Rohman said...

untuk sementara link exchange saya ilangin dulu, lagi daftar text link ads.. dulu di tolak gara2 terlalu banyak link.. nanti kalo dah di terima saya pasang lagi..sorry berat bro..

Anonymous said...

@ Rohman : Ok kang di maklumin kok, Mudah-mudahan di aprove dan link exchange segera di pasang! He.he.

FTM said...

thanks atas informasinya yah... :)

Anonymous said...

Selalu menghadirkan info yang menarik..sukses selalu eko.

sama kang rohman om juga stop dulu untuk link exchange udah terlalu banyak takut juga di cap spam sama google.

Anonymous said...

@Dian : Sama-sama bro, dan salam kenal ya..

@OOM : Ya wajar aja om, kalau sekarang om mengatakan demikian, La memang link Exchangenya sudah segitu banyaknya..!! he.he.he.

FTM said...

eh mau nanya, maksud link exchange itu apa yah om??
trus ngaruh nya kemana??

makasih klo berkenan menjawab..

Anonymous said...

@Dean : Link Exchange = Tukar link sesama blog. Ngaruhnya bisa meningkatkan Google Pagerank.

Mungkin itu saja yang bisa saya jawab, jika yang lain ada yang ingin menambahkan silahkan dan terima kasih telah memberikan komentar Dean.

Anonymous said...

Untuk point 3 wordpress kan juga bisa drag n drop om widgetnya :D...

Anonymous said...

@Wardany : Memang bener bro, tapi tidak semudah seperti di Blogger :)

Anonymous said...

Wah, ini artikel yg sdg sy cari niy....Makash mas eko, lam kenal....Tukeran link ya...

Anonymous said...

@Syahuri : Salam kenal juga mas Syahuri, Boleh kalau mau tukeran link..!!

Rohman said...

wah ko, gara-gara tulisan ini jagad wordpress jadi heboh lho... waduh bagaimana nih... sesama blogger jadi saling berseteru... tapi justru orang-orang bacanya dari blog yang ini..

Anonymous said...

wah lagi pada heboh ya..kalo om mau gimana ya? netral aja dah, abisnya om pake dua duanya sih hehehehe

Anonymous said...

disini toh asal mulanya,, :) aku bacanya kali /tama di blog tikabanget tapi seru juga tuh, klo' akusih bukan soal blogspot ato wordpressnya tapi masing2 org punya pertimbangan knapa ga mood dgn tukerlink, tp aq paling respek kayak o-om's blog begitu kita konf.tuker link langsung ok. dan ngomong2 link info-baru uda kepasang tuh diblogku dari kmaren, jgn sampe justru penulis artikelnya yg dicap sombong :)

Gelandangan said...

tapi lebih banyak suhu2 Blog diindonesia memilih Blogger yah ....emank sih bloger mudah untuk dipelajari enggak ribet.........

Anonymous said...

@Rian : Terima kasih telah memberikan pendapat di sini..!! Tenang aja mas link back pasti di pasang kok...!!

Kalau ga saya sebutkan kenapa alsan sombongnya orang pasti bingung, makanya saya ceplosin aja ke bayusakti, Tapi aku sadar kok memang bocah semuran dia egoisnya lagi tinggi, jadi wajar aja sih kalau dia sombong! he..he..he..siapa tahu dengan postingan ini bisa membuat dia sadar akan hal itu.

Jevandra said...

Wah..pada heboh versus-versusan nih. piss bos..piss.

Anonymous said...

Untuk sekarang saya lebih milih blogspot, karena dengan menggunakan blogspot saya lebih banyak tahu tentang kode2 HTML dan JAVA script

Anonymous said...

Wordpress dan Blogspot dua-duanya aku pakai, but jujur aja aku lebih seneng pake wordpress. Coz lebih simple dan user friendly(*menurutku). Tapi koq di point 6 itu terdengar kurang enak yah? Backlink memang penting, tapi dengan pendapat di point 6 tadi terkesan bloger kurang hebat dari wordpress.

Anonymous said...

wordpress dan blogger sama2 punya kelebihan dan kekurangan! so kupake keduanya....
to all blogger... sing sabar...
mari kita saling mendukung wae... entah piye carane pokoke saling mendukung biar semua blogger indonesia sugih2 kabeh! yo sugih bondo yo sugih sedulur... amiin...

Anonymous said...

wadouw,point nomor enam itu,,hmm....

btw aku pake dua2nya. wp dan blogger dua2nya aku pake buat cari duit. dan aku ga pernah paksa orang mau backlink aku. cuz aku ga mau cari musuh. semuanya untuk berteman. kalo ada yang mau backlink itu suatu keuntungan tersendiri,,jangan maksa orang untuk backlink.. piss man piss

Anonymous said...

Wordpress dan Blogger.
Saya pribadi suka wordpress... tapi saya juga tetep aja punya blogger juga.

Soalnya masing-masing ada kelebihan dan kekurangan deh.
Blogger so pasti ditujukan lebiih ke non-technical people sedangkan wordpress... punya flexibilitas tinggi tapi butuh sentuhan back-end.

Yang penting asik blogging ajah...

Peace,
--andre.daftarblog.com

Anonymous said...

heehhehe... keren keren.... iyah neh bayumukti gak mo ngasih aku backlink;))

Anonymous said...

hai semua, Gabung disin yok !

Khoerul MW said...

Ada yang kurang, blogger dapat menampilkan semua bentuk HTML dan javascrip code sedangkan wordpress hanya situs tertentu.

Anonymous said...

yang akhir2nya bener gitu? lagian itu, bener gitu? WP vs blogger, emang bener orang2 WP sombong2??? ato bikin heboh aja nich?

Suprih's Blog said...

Klo i netral aja, tool wp ato blogger ada kelebihan dan kekurangan masing2. jangan liat subyektifnya tp obyektif aja deh. thank infonya i jadi lebih kenal tentang blog

Anonymous said...

Hiiiii, netral aja deh

Anonymous said...

Aku pengguna wordpress ga sombong kok :D
Cos aku pake blogger jg..
trus aku kan anak baru jadi harus sopan apalagi sama senior, Bang Eko And All Blogger Yuk kita tukeran link!! di tgu Ya!! :D

Anonymous said...

Piece ...

Anonymous said...

damai ...

Anonymous said...

kita semua sodara ...

admin said...

setuju dech mas ...

The said...

wah...hidup blogger...orangnya ngga sombong-sombong yah...gua setuju dah...

Anonymous said...

Kalau disuruh milih emang dilema. Habis ada keunggulan masing2x.

Anonymous said...

hr..he..Klo saya sih asik-asik aja..mau tukeran or tidak, yang penting tulisan saya terposting dengan baik...\;)

btw klo ada teman2 yang mo tukeran link silahkan datang ke blog saya ok...???insya Allah cepat saya follow up

Rizal said...
This comment has been removed by the author.
Rizal said...

wah seru baget ya..???
tapi kek-a ini bukan budaya kita dech....??
walaupun budaya indonesia suka-a yang gini2..!! :D
tapi kita sebagai blogger indonesia tunjukan yang terbaik buat nusa bangsa kita seperti kata mas Muhammad's..
jadi gk perlu yang kek gini2an.....
wajar aja klo ada yang suka Wp ada yang suka blogspot itu kan hak/keinginan masing2...
So krng lebih enak-a kita tingkatkan kwalitas blog kita.!!

Thanks RizAL :)

vmgamer said...

Ntar ngikut ngeBlog ah,,
gw milih Wordpress aja,, komplitan wp

http://sims.web44.net

Unknown said...

mas saya mau tuker link bisa dak ?
blog ku www.musikandcomputer.blogspot.com
email. guruhdianasmara@yahoo.com

Anonymous said...

wkwkwkwkwkwkwkwk

Anonymous said...

=))we sapa.cwek.mau ML HAYOOOOO

Bussiness said...

Dua-duanya punya kelebihan....tergantung selera...tapi gw dukung blogspot

suranegara said...

aku dulu pake blogspot trus lari pake wordpress gara2 ribet ga bisa html (yaaaah.. ketauan begonya) abis WP simpel sih tapi pengen bgt bisa "menjinakkan blogspot" secara gwa kesemsem ma kelebihan yang dimiliki blogspot (maunya belajar tapi ga bisa2).. tpi just enjoyed dah..... semuanya sama2 bagus....

Post a Comment

Please left your comment below