Sunday, February 10, 2008

San Fransisco, Minggu - Komite Kehakiman Kongres AS akan menggelar dengar pendapat untuk menyelidiki tawaran Microsoft bernilai multimiliaran dollar AS kepada Yahoo!. Pekan lalu, Bill Gates, salah satu pemilik Microsoft, menyatakan ingin membeli Yahoo! seharga 44,6 miliar dollar AS atau setara Rp 419 triliun."Tawaran Microsoft untuk membeli Yahoo! adalah salah satu merger teknologi terbesar yang pernah kami ketahui. (Tawaran) itu membawa isu penting terkait nuansa kompetitif di dunia internet," kata anggota Kongres, John Conyers dan Lamar Smith, dalam pernyataan tertulis.


"Komite akan mendengar pendapat para ahli yang akan mempertimbangkan apakah tawaran konsolidasi ini memajukan atau merendahkan prinsip fundamental kompetisi di internet," demikian pernyataan tersebut. Yahoo! belum menjawab tawaran Microsoft. Namun, para analis yakin tawaran itu terlalu bagus untuk ditolak Yahoo!. Tawaran yang telah disampaikan kepada Dewan Direksi Yahoo! Inc. itu datang saat Yahoo! tengah merencanakan pengurangan 14.000 karyawan. Sepertinya, para regulator di AS pun tidak memiliki cara untuk menghentikan akuisisi tersebut.




"Jika Yahoo! menerima tawaran Microsoft, komite akan menggelar dengar pendapat untuk mengetahui dampak kompetisi dan privasi kesepakatan itu," kata senator Herb Kohl. Kesepakatan antara Yahoo! dan Microsoft akan memberi bentuk baru pada dunia teknologi. Sebagai salah satu mesin pencari yang pernah unggul, Yahoo! kini kalah populer dari Google yang kini juga tengah mengantongi tawaran peranti lunak online yang bersaing dengan Microsoft.


Microsoft menawarkan dua pilihan, yakni dengan uang tunai bagi penjual saham Yahoo! atau menukarkan saham di Yahoo! menjadi saham di Microsoft " kami memang sangat kagum dengan Yahoo! dan kami bisa meningkatkan pelayanan kepada semua pelanggan, pengguna Yahoo!” "kata Steve Ballmer, CEO Microsoft." Hidup, bisnis dan masyarakat kita memang sudah berubah. Yahoo! termasuk pihak yang menjadi pionir soal itu,” kata Ray Ozzie ahli perangkat lunak Microsoft.


Pembelian Yahoo! ini bagi Microsoft adalah sebuah kesempatan besar. Pasar iklan sepanjang 2007 lewat situs utama di dunia sudah mencapai 40 miliar dollar AS dan akan menjadi 80 miliar dollar AS pada tahun 2010. Yahoo! adalah salah satu yang diuntungkan dengan belanja iklan. Microsoft ingin mengintegrasikan produk - produknya dengan Yahoo!. Operasional dan bisnis dua raksasa ini akan disatukan, untuk menciptakan nilai lewat konvergensi bisnis. Untuk itu Microsoft juga akan menggunakan manajemen dan semua pekerja - pekerja di Yahoo!.


Pihak Yahoo! mengatakan sedang memikirkan tawaran Microsoft itu, Yahoo! merupakan situs yang bermanfaat karena multifungsi. Sebelum penawaran ini, Yahoo! sedang merencanakan pengurangan 14.000 karyawan atau sekitar 5 persen dari total karyawan. Yahoo! sempat menghadapi masalah karena terjadi kesalahan manajemen. Perusahaan ini mulai beroperasi pada tahun 1995 dan bermarkas di Sunnyvale, California, AS.


Berita rencana akuisisi itu membuat harga saham Yahoo! naik menjadi 29,58 dollar AS per lembar. Harga saham Yahoo! mencapai 34,08 dollar AS pada oktober 2007. Sebelum tawaran Microsoft itu muncul, harga saham Yahoo! sekitar 19,18 dollar AS per lembar.

(KOMPAS, Sabtu, 2 Februari 2008 )


0 comments:

Post a Comment

Please left your comment below