Tuesday, January 29, 2008

Beberapa hari yang lalu saya membuat posting tentang penggunaan dan manfaatnya Meta Tag pada serach engine. Kali ini saya akan coba menulis tetang promosi blog yaitu dengan menggunakan "Signature" pada sebuah Forum. How to Make a Forum Signature? pertanyaan ini akan muncul pada diri Anda apabila Anda belum pernah untuk membuat signature pada forum. Bergabung dalam banyak forum adalah salah satu promosi yang cukup efektif yang dapat meningkatkan trafik blog Anda. Carilah forum yang telah mempunyai banyak member/pengujungnya, saya ambil contoh adalah "Forum Bebas Indonesia" (FBI). Forum ini telah mempunyai kurang lebih 28445 Users yang telah terdaftar sebagai member.

Setelah Anda login di forum bebas Indonesia dan telah terdaftar sebagai member segeralah Anda meng-Edit halaman profile Anda. Setelah halaman profle terbuka kemudian Anda cari di bagian link Personality, lembar halaman tersebut Anda bisa Meng-Edit Avatar dan Signature Anda. Avatar biasanya akan tampil di sebelah kiri postingan Anda dalam forum sedangkan Signatur akan tampil di bawah di bawah postingan Anda. Untuk membuat Avatar, Anda bisa gunakan gambar atau foto yang Anda sukai, format filenya boleh JPG atau GIF.

Sedangkan untuk menampilkan signature, Anda bisa gunakan sebuah Text, Banner, Animasi Gif atau yang lain yang Anda sukai. Usahakan cari Text, Banner atau Animasi gif yang menarik perhatian orang sehinnga orang tersebut yang melihat akan tertarik untuk menge-kliknya. Kemudian untuk membuat Avatar dan Signature ikuti langkah-langkah berikut :

Avatar :

Bacalah intruksi yang terdapat pada lembar avatar dengan seksama, saya ambil contoh tampil kalimat seperti berikut

"An avatar is a small image that will be displayed with all your posts. You can upload an avatar by clicking the link below. The checkbox 'Use avatar' below must be checked in order for the avatar to be visible in your post". Untuk mengganti Avatar Anda bisa klik link "Change Avatar" dan untuk menghapusnya Anda bisa klik link "Delete Avatar".

Signature :

Dibagian lembar signature tampil seperti ini "Compose your signature" kemudian di bawahnya ada subuah intruksi dalam bahasa inggris kurang lebihnya kalimatnya sepeti ini "A signature is a small piece of text that is attached to your posts. In it, you can enter just about anything you like. Perhaps you would like to enter your favourite quote or your star sign. It's up to you! In your signature you can use BBCode if it is allowed in this particular forum. You can see the features that are allowed/enabled listed below whenever you edit your signature."

Kemudian di bawahnya ada list box yang nantinya bisa Anda gunakan untuk Script BBCode Signature Anda, Caranya adalah sebagai berikut :
  1. Siapkan sebuah Baner atau Animasi Gif yang menarik, untuk membuatnya Anda bisa menggunakan software animasi Gif atau layanan gratis seperti Cooltext

  2. Setelah Banner atau Animasi Gif siap untuk di pakai, Upload banner tersebut ke situs imageshack atau bisa juga Anda Upload ke Googlepages.com Login dengan Account Google Anda.

  3. Setelah proses Uploading selesai maka Anda akan mendapatkan alamat URL banner tersebut. contoh alamat URL Banner tesebut bisa sepeti ini "http://img521.imageshack.us/img521/5002/thekacrutwy3.gif"

  4. Letakan alamat URL tersebut kedalam list box lembar Signature, dengan menyisipkan BBCode sebagi berikut :

    [url=http://DOMAINANDA.blogspot.com]
    [img]http://img521.imageshack.us/img521/5002/thekacrutwy3.gif[/img]
    [/url]

  5. Klik tombol Submit untuk menyimpan gambar signature Anda pada forum, Banner akan tampil seperti pada gambar berikut :


Keterangan : [url]http://DOMAINANDA.blogspot.com[/url] ini adalah alamat URL blog Anda. yang menunjukan apabila seseorang meng-Klik banner akan menuju ke blog Anda. Sedangkan [img]http://img521.imageshack.us/img521/5002/thekacrutwy3.gif[/img] adalah gambar atau banner yang tampil pada signature Anda.

Anda bisa bergabung dengan banyak forum yang bisa Anda cari melalui Search Engine, saya rasa pembuatan signature dalam forum sama seperti di atas. Klik disini jika Anda ingin mempelajari penggunakan BBCode

2 comments:

Anonymous said...

mas Eko, mau nanya nih, gimana cara buat garis vertical dipostingan kayak di postingan ini.
di jawab ya mas..., :)

Anonymous said...

THXX I like infonya :D
leh tuker link kaga?

Post a Comment

Please left your comment below