Saturday, November 24, 2007

Untuk membuat sebuah banner sebenernya sangat mudah, apalagi buat Anda yang suka design dengan Photoshop CS pasti sangat lah mudah untuk membuat sebuah banner sesuai dengan keinginan Anda. Namun dari sebagian orang juga akan merasa kesulitan untuk membuat sebuah banner tersebut tak lain halnya adalah "Budan Azra" Seorang ibu rumah Tannga yang rajin membuat blog untuk "mencatat resep-resep Masakanya". Saya kenal dengan bunda juga baru-baru ini, ketika itu pada saat saya sedang berkunjung ke blognya Mas "Herry Agus" dan ga sengaja saya baca "Chat Box" di blognya mas agus, ada sesuatu hal yang menurut saya lucu. "kang, coba deh diliat banner di blog saya hasilnya kaya gitu deh!...hihi.... mungkin murid akang yg paling oneng sayah kali yee!" pas saya klik link dari chat box tersebut ketemulah Blog tentang resep masakan, tak lain halnya adalah "Bunda Azra".

Tak lama saya baca-baca tentang resep-resep masakanya, kemudian saya coba mengisi chat box yang ada di blognya Bunda Azra. Pada intinya isi dari chat box tersebut adalah mengajak tukeran link selang sehari kemudian Bunda Azra mampir ke blog saya info-baru dan mengisi chat box yang ada di blog saya. Mau tahu apa yang di tulis..? "boleh-boleh tukeran link, tapi ada syaratnya, kayanya jago photoshop nih, binikin banner duonk! huahaha....bunda link deh bannernya". Kata Bunda Azra syaratnya mesti di bikinin banner link untuk blognya Bunda Azra, karena link banner saya juga sudah di pasang oleh Bunda Azra akhirnya saya coba mebuatkan banner untuk Bunda Azra.

Membuat banner dan badge/chicklet itu mudah, bagi yg agak males latihan otak-atik photoshop atau software-software lain yang dapat untuk membuat sebuah banner tidak usah kuatir. Di internet banyak penyedia program pembuat chicklet dan banner online secara gratis dan instan. Sebagai pembuka, logo atau chicklet adalah banner kecil yg biasa buat link-button seperti yg di sidebar blog saya. Sementara banner ukurannya lebih besar dan biasa ditaruh di header blog/website. Ikuti panduan buat logo/chicklet/banner berikut:

A. Cara Membuat Chicklet

  1. Di LEFT-BLOCK (bagian kiri atas) ada menu “Text”, ganti tulisan “w3c” sesuai dengan yang Anda inginkan. Contoh, tulis Blog;
  2. Di RIGHT-BLOCK (bagian kanan atas) ada menu “Text”, ganti tulisan “xhtml” dg yg sesuai dg keinginan Anda, contoh, “Tutorial”
  3. Di GENERATE-BUTTON (bagian kanan bawah) klik tulisan Generate Button. Maka akan muncul chicklet
  4. Nah, arahkan mouse ke gambar, klik kanan –> save picture as –> kasih nama file (contoh: info-baru –> save di komputer Anda.
  5. Setelah di saving di komputer, masukkan / upload gambar chicklet tsb di situs online seperti googlepages.com. Dalam kasus ini, gambar disimpan di http://kacrut82.googlepages.com/ jadi alamat chicklet gambar tsb. adalah "http://kacrut82.googlepages.com/ info-baru.gif"

Note: Apabila belum daftar di googlepages.com, Anda tinggal kunjungi alamat URL "googlepages.com" dan login dengan account gmail Anda.

  1. Setelah tersimpan secara online, Anda bisa gunakan sesuai kebutuhan Anda seperti untuk linkbutton tukar link dengan teman-teman blogger lain, atau sekedar buat pajangan di sidebar.

Tip: bentuk font dan background warna dapat dirubah sesuai selera. Tinggal klik menu “color” dan “background” di situs di atas.

B. Cara Buat Banner Online

  1. Kunjungi situs http://cooltext.com/
  2. Klik menu DESIGN A LOGO (bagian atas).
  3. Di menu CHOOSE A LOGO DESIGN pilih gambar yg Anda suka, contoh, klik EMBOSSED.
  4. Di menu LOGO TEXT saya tulis “Info-Baru”
  5. Klik menu RENDER LOGO DESIGN (bagian paling bawah).
  6. Save ke komputer (caranya, klik kanan gambar tersebut –>save picture as –>kasih nama file )
  7. Setelah itu upload ke googlepages.com milik Anda. (lihat poin A.5 dan A.6).

Note : Jika dengan cara tersebut anda masih merasa kesulitan, silahkan Anda Request di chat box saya saya segera akan mebuatkan Banner yang Anda inginkan

2 comments:

Anonymous said...

wah siakang satu ini, serba tau ya. klo komputer mah dia dah core 2 duo, klo saya pentium satu :((

Anonymous said...

x( =))

Post a Comment

Please left your comment below